Sulit Mandiri Pangan Jika Impor Terus Meningkat

Indonesia memiliki peluang besar untuk menjadi produsen dan eksportir produk halal terbesar di dunia. Hal ini didukung dengan sumber daya yang dimiliki, termasuk potensi sektor industri di Indonesia. Kementerian Perindustrian mendorong potensi dan peluang tersebut agar dapat tumbuh secara optimum. Sepuluh komoditi ekspor utama Indonesia adalah Tekstil dan Produk Tekstil , produk hasil hutan, elektronik, karet dan produk karet, sawit dan produk sawit, otomotif, alas kaki, udang, kakao dan kopi.

Pada 2020 lalu, Indonesia mengekspor sarang burung walet dengan nilai complete US$ 540 juta dari 1.316 ton sarang burung walet yang berhasil diekspor. “Pada puncak pandemi pada tahun 2020, beberapa negara menandatangani kontrak besar untuk senjata utama,” kata peneliti senior Institut Penelitian Perdamaian Internasional Stockholm , Pieter Wezeman. Alva Edy Tontowi, M.Sc., Ph.D., IPM., ASEAN. Eng., Guru Besar Fakultas Teknik UGM, UMKM harus melakukan inovasi karena dengan adanya Covid-19 pasar produk UMKM berubah, prioritas kebutuhan produk barang dan jasa berubah. USD79 miliar per tahun dari ekspor makanan, 5,3 % eskpor pangan world dan 7% pertumbuhan ekspor makanan sejak 2010. Namun, perdagangan internasional menerapkan tata kelola baru untuk menjaga sumber daya alam ini tetap lestari. Penguatan jajaran bea-cukai, karantina, dan fasilitas lain pendukung ekspor bahan pangan memang membuka peluang baru.

Setelah habis masa berlakunya, Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono memperpanjang moratorium ke dua tahun selanjutnya. Moratorium ini mengimplikasikan pemberhentian sementara dari pemberian izin-izin baru untuk menggunakan space hutan hujan tropis dan lahan bakau di Indonesia. Pada beberapa kesempatan, media internasional melaporkan bahwa moratorium ini telah dilanggar oleh perusahaan-perusahaan Indonesia. Kendati begitu, moratorium ini berhasil membatasi – untuk sementara – ekspansi perkebunan-perkebunan sawit.

Ketika kamu akan mengekspor barang, maka bisa dikatakan kamu adalah pemilik atau orang yang dikuasakan oleh pihak tertentu untuk melakukan ekspor barang tersebut. Berikut adalah 7 hal penting yang perlu diketahui oleh eksportir sebelum mengirim barang ke luar negeri sehingga tidak masuk dalam kategori melanggar atau tidak dikenai sanksi denda dari Pemerintah. Ekspor dan Impor merupakan kegiatan yang lumrah dilakukan oleh negara berkembang seperti Indonesia. Semakin sering suatu negara melakukan ekspor, maka semakin besar pula keuntungan devisa yang diperoleh. KBRI Kairo melaporkan hubungan perdagangan Indonesia-Mesir yang terus bertumbuh di masa pandemi Covid-19. “Tokek kering merupakan bahan baku obat tradisional di China,” ucapnya seperti dikutip dari Antara, Senin (30/11).

Jika UKM bisa lebih mengambil peluang bisnis manufaktur ini, maka dapat dipastikan bahwa UKM mampu bersaing dalam pasar ekspor. Kegiatan ekspor merupakan kegiatan perdagangan yang melibatkan pasar internasional. Dengan ramainya permintaan internasional terhadap produk lokal maka akan membuka peluang untuk industri di Indonesia. Harga komoditas di pasar dunia menjadi sentimen positif bagi perekonomian nasional. Meski dari sisi konsumsi domestik pertumbuhan tidak terlalu baik, setidaknya ada katalisator yang membuat perekonomian nasional tetap seksi, yakni aktivitas ekspor komoditas. Membaiknya kinerja ekspor dan ekonomi global terus membaik diyakini bisa berpengaruh terhadap pertumbuhan perekonomian.

Pihak-pihak yang skeptis terhadap moratorium tersebut menunjukkan bahwa sebelum penerapannya Pemerintah Indonesia telah memberikan konsesi tanah seluas 9 juta hektar untuk lahan baru. Selain itu, perusahaan-perusahaan besar minyak sawit masih memiliki lahan luas yang baru setengahnya ditanami, berarti masih banyak ruang untuk ekspansi. Pada Mei 2015, Presiden Joko Widodo kembali memperpanjang moratorium ini untuk periode 2 tahun. Pada tahun 2011, Indonesia medirikan Indonesian Sustainable Palm Oil yang bertujuan untuk meningkatkan daya saing global dari minyak sawit Indonesia dan mengaturnya dalam aturan-aturan ramah lingkungan yang lebih ketat. Semua produsen minyak sawit di Indonesia didorong untuk mendapatkan sertifikasi ISPO.

Saat ini India telah menggeser Cina sebagai negara importir batu bara Indonesia terbesar. Indonesia saat ini mendominasi pasar minyak sawit di dunia dengan produksi mencapai 31 juta ton per tahun. Terlepas dari rencana moratorium perkebunan sawit yang digagas pemerintahan Joko Widodo, Indonesia sempat berniat menggandakan produksi sawit hingga tahun 2030. “Kami mendorong quantity produksi sektor perikanan meningkat, sehingga pelaku usaha perikanan bisa tumbuh di pasar domestik maupun world juga kualitas produk ikan lebih unggul di luar negeri,” katanya menjelaskan.

Dunia ekspor

Salah satunya yang bisa kita lakukan adalah dengan cara melihat pola transaksi perdagangan ekspor yang dilakukan oleh Indonesia. Adapun impor keseluruhan Korea Selatan naik 29,1 persen dalam 20 hari pertama Juni. “Meskipun kecepatannya moderat dari kenaikan April dan Mei karena efek dasar dari penguncian tahun lalu memudar, momentum yang mendasarinya tetap positif. Dengan produsen semikonduktor memimpin, sektor ekspor siap untuk tetap menjadi pendorong utama di balik rebound pertumbuhan Korea Selatan tahun ini-dan kemungkinan ke tahun berikutnya,” kata ekonom Bloomberg Justin Jimenez. Konsumen di negara-negara ekonomi utama juga dapat mengalihkan pengeluaran dari barang ke jasa karena pembatasan virus berkurang.