Meski Pandemi Masih Melanda Dunia, Ekspor China Berhasil Pecahkan Rekor

Sampai dengan tahun 2020, Ditjen PKH telah menerbitkan sebanyak 2.990 NKV untuk unit usaha dan 74 di antaranya adalah unit usaha SBW. NKV merupakan bentuk penjaminan pemerintah terhadap unit usaha produksi dan pengolahan dalam hal higienis. Nasrullah menerangkan, sejauh ini Ditjen PKH selalu mengakomodasi pemenuhan persyaratan ekspor untuk unit usaha SBW dalam bentuk penjaminan keamanan produk sarang walet berupa Sertifikat Nomor Kontrol Veteriner . Hal ini sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 18 tahun 2009 juncto UU Nomor 41 tahun 2014 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan.

Kegiatan ekspor barang ini sesuai dengan prosedur normal atau tidak ada izin khusus yang berkaitan. Selain mengetahui barang yang dilarang diekspor, eksportir juga harus memahami apakah barang yang akan diekspor termasuk kategori barang yang dibatasi atau tidak. Perlunya memahami kriteria ketentuan barang yang akan diekspor bisa menjamin bahwa kamu tidak melanggar ketentuan hukum yang berkaitan dengan larangan atau pembatasan barang ekspor.

Dunia ekspor

Seperti yang sudah dibahas bersama diatas, kegiatan impor memiliki tujuan utama untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Kegiatan ekspor dan impor ini adalah salah satu bentuk dari komunikasi dan kerjasama pada tiap negara. Paling tidak ada satu hal yang harus membuat negara tersebut membangun hubungan baik dengan negara lain untuk memenuhi segala kebutuhannya, seperti dalam kegiatan perekonomian. Meningkatnya permintaan ekspor pada suatu produk akan berimbas langsung pada perkembangan industri dalam suatu negara. Sehingga, hal tersebut akan mampu melahirkan suatu iklim usaha yang lebih kondusif.

“Sehingga daerah-daerah yang mempunyai potensi komoditas tersebut bisa merasakan hasilnya, khususnya para pelaku UMKM,” ucap Petrus yang pernah meraih predikat sum-claud pada magister ilmu hukum dari Universitas Tarumanegara Jakarta ini. Jika sinergi dan kolaborasi ini dilakukan oleh pemerintah pusat sampai pemerintah daerah, hal ini diharapkan bisa menggerakkan ekonomi masing-masing daerah. “Hingga pada saat ini, Komunitas Bisa Ekspor telah membina lebih dari 4000 eksportir muda yang siap membantu dan bersinergi serta berkolaborasi dengan pemerintah pusat dan pemerintah daerah,” jelas Petrus. Kini, penyampaian SKA harus dilakukan dengan pengiriman melalui surat elektronik atau media elektronik lainnya dalam jangka waktu paling lambat 30 hari kalender sejak pemberitahuan pabean impor atau PPFTZ-01 pemasukan.

Selain itu juga, pengembangan perikanan pedalaman dengan membudidayakan ikan tawar, termasuk budi daya ikan patin yang dikembangkan di Kabupaten Lebak. Begitu juga pengembangan budi daya perikanan pesisir, seperti tambak bandeng udang, dan nila salem. Di samping itu juga memberikan kemudahan pelayanan perizinan dan sertifikasi yang menjadi syarat produk perikanan bisa dipasarkan ke luar negeri.

Kebanyakan minyak sawit diproduksi di Asia, Afrika dan Amerika Selatan karena pohon kelapa sawit membutuhkan suhu hangat, sinar matahari, dan curah hujan tinggi untuk memaksimalkan produksinya. Ambil contoh komoditas sawit dan produk hortikultura pada manggis dan nanas, pertanian Indonesia menjadi yang terbaik di dunia pada sektor itu. Trenggono juga mendukung penuh majunya industri ikan hias dalam negeri bahkan meminta timnya di KKP untuk mempermudah pelaku usaha dalam hal pengembangan maupun melakukan ekspor.