Daya Saing Ekspor Teh Indonesia Di Pasar Teh Dunia

China sendiri unggul di sektor kapas, beras, kentang, dan banyak produk sayuran. Untuk manfaatnya sendiri, kegiatan impor akan meningkatkan potensi pada suatu negara dalam mendapatkan bahan baku, barang serta jasa pada suatu jenis produk tertentu yang jumlahnya terbatas atau tidak mampu diproduksi dari dalam negerinya. Sehingga, hal tersebut akan mampu mendukung stabilitas negara secara tidak langsung.

Dunia ekspor

Ekspor tidak harus dilakukan melalui pelabuhan laut besar seperti Ambon, Makassar, Bitung, atau pelabuhan di Jawa. Menurut Shinta, ekspor perdana ini adalah bukti ketangguhan masyarakat Maluku Utara untuk terus berusaha tumbuh di tengah pandemi Covid-19. Ia berharap semua pihak bersama-sama mendorong ekspor berbagai produk lain langsung dari Pelabuhan Ternate. Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Ternate Shinta Dewi Arini mengatakan, di tengah perekonomian Indonesia yang menyusut karena pandemi, ekspor yellowfin tuna beku perdana itu menjadi tantangan tersendiri. Semua pihak dituntut bergerak serentak di tengah pembatasan mobilitas, guna memastikan bahwa produk yang akan dikapalkan itu authorized, teregister, berkualitas, tepat jumlah, dan tepat waktu di pelabuhan. “Melalui Program Kolaborasi 500K Eksportir Baru, dilakukan berbagai langkah strategis dan praktis untuk menyiapkan usaha berskala kecil dan menengah agar mampu ekspor melalui pengembangan produk berkualitas ekspor,” kata Handito.

Contohnya pada Pakaian, ternyata pakaian olahraga memiliki potensi ekspor yang besar, khususnya yang terbuat dari katun, dengan nilai potensi ekspor yang belum terealisasi sebesar 322 juta USD (sekitar four.5 triliun Rupiah). Tidak hanya itu, kemeja dan rok wanita serta kaos pria juga memiliki potensi ekspor yang besar untuk dilakukan. Saat ini sudah banyak perusahaan asing di bidang Pakaian yang membuka pabrik di Indonesia. Contohnya perusahan Nike yang salah satu pusat produksi jerseynya terdapat di Indonesia.

Hampir semua produk sayuran di Indonesia punya potensi pasar di luar terutama di Asean, seperti Malaysia dan Thailand. Untuk mengatasi mandeknya kegiatan ekonomi banyak negara melakukan kebijaksanaan “new normal”. Sehingga pemulihan kegiatan ekonomi kembali bergeliat walaupun tidak serta merta kembali seperti sebelum adanya pandemi. Namun, pandemi COVID-19 telah mengganggu pasar dan transportasi udang di India sementara produksi di Ekuador terus meningkat.

Di sektor manufaktur, kebutuhan akan suku cadang industri yang biasanya diimpor dari Cina ikut terhambat. Suku cadang dihargai lebih mahal dan prosesnya menjadi lebih lama, kegiatan pelayaran juga ikut tersendat. Sementara itu, ekspor udang India hanya meningkat ke pasar Jepang dan Vietnam, pasar impor terbesar keempat dan kelima India. Sementara ekspor udang India ke Cina, pasar impor terbesar kedua India, turun 29% menjadi 76,000 ton.

Adapun penyederhanaan itu terkait arus informasi dan dokumen dalam kegiatan ekspor-impor di pelabuhan dan kegiatan perdagangan atau distribusi barang dalam negeri melalui berbagai knowledge, simplikasi proses bisnis, penghapusan repetisi, serta duplikasi. Dengan NLE maka terjadi proses integrasi antara INSW, Inaport, Inatrade, CEISA, sistem trucking, sistem gudang, sistem transportasi, sistem terminal operator, dan lainnya. Dengan diberlakukannya empat kebijakan di atas, kegiatan ekspor dan impor diharapkan dapat berjalan lancar.